'The Power of Guilty'
Saturday, April 24, 2010

Penyesalan.. sebuah kata yang pastinya tidak asing di telinga dan mata kita.. Penyesalan menyisakan berjuta luka di sanubari jutaan manusia.. Dari sekian banyak jenis luka hati, aq akan memilih penyesalan sebagai luka yang paling sakit dan menyiksa.. Penyesalan selalu merongrong pikiran kita untuk kembali ke masa lalu dan memperbaiki kesalahan kita sedangkan itu merupakan hal yang sangat amat mustahil..


Namun.. Bagaimanapun juga.. Bila kita mampu mengolah rasa penyesalan itu menjadi dorongan yang positif, kita akan bisa bersahabat dengannya.. Setiap manusia tentu memiliki kesalahan di masa lalunya.. Dan manusia lazim merasa bersalah akan kesalahan-kesalahan tersebut.. Ketika kita merasa bersalah akan kesalahan-kesalahan itu, menurutku hal yang pertama kita lakukan adalah bersyukur.. loh? kenapa harus bersyukur? yah.. tentu saja.. kita harus bersyukur karena itu adalah tanda-tanda bahwa iman kita masih berfungsi baik.. Mungkin kita pernah melihat banyak yang berkali-kali melakukan kesalahan namun dia tidak pernah menyesal untuk melakukannya, justru mereka merasa BANGGA atas kesalahannya.. mereka adalah yang telah dikeraskan hatinya oleh Allah.. yah, smoga saja akan ada suatu saat dimana hati mereka luluh.. Setidaknya ketika kita merasa 'guilty'.. Tuhan masih mengetuk hati kita.. Tuhan masih ingin kita bangkit dan memperbaiki kesalahan kita dengan melakukan kebajikan-kebajikan untuk menutupi kesalahan kita di masa lalu.. Dengan 'the power of guilty', kita menjadi semakin terpacu dan semangat untuk terus menjadi manusia yang lebih berguna dari hari ke hari... kawan, saat kau merasa 'guilty', Tuhan sedang menyapamu karena dia amat sangat menyayangimu..

Pilihan.. Layaknya sebuah perjalanan, tentu kita akan menemukan persimpangan *masya Allah, jadi inget tugas TA kan gw.. whatever.. lanjut*.. Begitupula perjalanan hidup, kita akan menemukan persimpangan.. Jalan hidup mana yang akan kita pilih untuk melanjutkan misi dan tujuan kita dalam hidup ini.. yah, ga usah muluk2 lah contohnya.. Ibu kita meminta kita bantu2 untuk membersihkan rumah karena akan ada acara keluarga, namun di hari itu teman-teman kita ngajak reunian.. Nah, itu kan juga sudah bisa dikatakan sebagai 'persimpangan'.. pilih bantu ibu, atau ikut acara teman.. Dalam mengambil keputusan, tentu saja kita punya pertimbangan untuk memutuskan pilihan mana yang akan kita tempuh.. Bagi yang berpihak pada hati nurani, sudah pasti dia akan memilih untuk 'bantu ibu'..

Pertimbangan, satu hal lagi yang tak lepas dari hidup kita.. Karena ketika kita menghadapi sebuah persimpangan.. Pertimbangan lah yang berperan penting dalam menentukan pilihan mana yang akan kita tempuh.. Masa2 Pertimbangan adalah masa-masa yang sulit.. apalagi ketika kita dihadapkan oleh pilihan jalan yang benar dan jalan yang mudah.. Manusia cenderung pasti ingin sesuatu yang ga ribet.. Namun di satu sisi, manusia memiliki hati nurani yang cenderung berpihak pada kebenaran, sesulit apapun itu.. Pada masa2 pertimbangan, akal dan hati nurani akan beradu.. ditambah 'pihak luar' yang menganggu.. semakin membuat pertimbangan semakin memanas dan bergejolak.. Akibatnya beragam.. kebanyakan manusia akan menjadi stress karenanya..

Pertimbangan memang bisa menjadi saat-saat yang sulit bagi manusia, namun juga penting.. Karena dari sana lah, jalan hidupnya ditentukan..
Wanna read more?!?just click here♥=)
posted by Hasnurridha at 7:12 PM

0comments

| back to top


Hujan yang tak kunjung reda (1)
Monday, March 22, 2010

Krystal tak menyangka.. dilihatnya lembaran surat bermaterai itu dengan seksama, nama kedua paman dan bibinya tertulis di sana.. lembaran yang memisahkan dua insan yang sudah lama menjalin ikatan pernikahan.. neneknya yang memberi surat itu.. dia ingin tidak tahu ini.. tapi dia terlanjur tahu.. yah, cepat atau lambat dia juga pasti akan tahu..
Ketika malam itu, dua insan itu berkumpul dengan kakek dan nenek.. dia pikir mereka hanya ngobrol biasa..



Ka Jessica, buah hati mereka.. pasti amat terpukul dengan keadaan ini.. namun Krystal tak sanggup untuk memberi tahu, dan dia tak punya kapasitas untuk memberi tahu.. ada yang lebih pantas untuk memberi tahu.. dia tak pantas ikut campur.. dia juga shock dengan keadaan ini.. apalagi ka Jessica.. Krystal sedih memikirkannya..


Beberapa bulan kemudian.. rahasia itu sudah tak lagi rapat pintunya.. perlahan tapi pasti satu demi satu orang mengetahui.. omma.. appa.. haraboji.. smua shock dan terkejut.. nampak raut muka yang tak wajar mendengar kabar itu.. tidak terima,marah,kesal mungkin ada di dalam benak mereka.. mengapa harus berakhir? tidak kah ada jalan lain selain itu? bagaimana keadaan kedua buah hati mereka.. Jessica dan Kevin..? Mereka pasti sangat terpukul.. berjuta pertanyaan menari di benak mereka semua.. Perlahan tapi pasti mereka juga menerima.. bahwa mereka tak punya kapasitas untuk mencampuri.. karena ini sudah terjadi.. dan mereka hanya punya kapasitas untuk menerima keadaan..

Hingga suatu saat, Krystal mengunjungi Cyworld Jessica.. dan di sana tertulis...

"Dia yang dulu pernah menjadi appaku, telah pergi dari dunia ini.. "

Krystal tersentak, mungkinkah paman sam yang dimaksud? tapi dia pikir tak mungkin tak ada kabar.. dia pikir mungkin dosen atau guru yang sudah dianggap sebagai ayah.. Krystal berkomentar...

"Krystal turut berduka cita ka.. btw, siapa ka yg meninggal? bukan paman sam kan?"

Setelah komentar terpublish, Krystal browsing di tab lain, tak lama kemudian, dipriksanya lagi Cyworld Jessica.. Jessica pun membalas komen Krystal..

"Benar, SAM LEE.."

Krystal terkejut bukan main, dia panggil omma dan appanya..

"OMMA! APPA! kata Ka Jess paman sam meninggal!"

Appa yang tadi sedang tidur, kaget bukan main dan langsung loncat dari tempat tidur.. "MWOOO?!?"

Omma langsung menelpon Bibi Lee,

"Yoboseyo, beneran sam meninggal?"

terdengar nada terkejut dari seberang,

"Baru aja pulang, kata siapa?"

"Kata Jessica"

Percakapan pun berlanjut dengan cerita bahwa Ke Jess sudah tau dengan apa yang terjadi, dia amat sangat terpukul hingga sangat marah dengan appanya..

tanpa pikir panjang, Krystal berkomentar lagi..

"Onny, jangan begitu.. aq,appa n omma ampe kaget dengar berita itu.."

Jessica menjawab..

"Kamu ga tau gimana rasanya jadi aku.."

Krystal menjawab lagi..

"tapi bagaimanapun juga dia tetap appa onny, onny segera lah minta maaf dengan Tuhan.."

Tak lama kemudian, Jessica menghapus Krystal dari friendlistnya.. dengan meninggalkan pesan "GOMAPTA!!!". Krystal terpana.. bingung, apa ada yang salah dengan kata2nya? ah, Krystal pun berfikir mungkin tak seharusnya dia berkata demikian di saat seperti ini.. Emosi jessica sedang naik dan dia sedang sangat terpukul.. nasehat apapun yang masuk akan dianggap serangan.. termasuk komennya..

Hanya dia yang diremove.. pertama kalinya dia diremove oleh seseorang yang sangat dia kenal.. bahkan sudah dia anggap sebagai kaka kandungnya sendiri.. di satu sisi, Kyrstal prihatin dengan keadaan Jessica sekarang, di sisi lain dia juga terpukul.. orang yang dia jadikan pedoman.. orang yang dia anggap sebagai kakanya sendiri.. telah meremove dia.. mungkin itu sepele, tapi.. entah kenapa hal itu menjadi luka tersendiri di hatinya.. yang ingin sekali dia hapus.. tapi sakitnya masih terasa sampai sekarang..

bersambung..


Wanna read more?!?just click here♥=)
posted by Hasnurridha at 9:31 AM

0comments

| back to top


the tea is comeback
Friday, August 14, 2009

udah berapa abad ya ga update blog ini.. ? *aha, lebay.. XD*
hua, kangen rasanya ngepost, comment blog orang, dikomenin orang, ngudek coding html template, jingkrak2 pas editannya berhasil.. XD
akhirnya maksain posting meskipun ga tau apa yang pengen diketik.. hehe.. jadi maklum saja kalo yang baca aga sedikit pusing dengan segala tata bahasa yang aut2an.. ahaha..

3 hari menuju hari pertama magang nih.. hua, ga kerasa udah semester 5 n mesti menunaikan tugas PKL.. gugup juga takut ga bisa menjalankan tugas dengan baik, tapi gimanapun juga, namanya tugas harus tetap dijalani dengan segala resiko dan tantangan yang ada.. doain ya smuanya..


tempat PKL ku di PDAM bandarmasih, tempat yang hampir setiap hari aku kunjungi karena di sana lah aku transit dari taksi (angkot) kuning ke taksi (angkot) biru (jur gambut).. XD kata salah satu temenku, terminal bayangan.. karena bukan terminal resmi gitu.. hehe..

selasa nanti masuk jam setengah 8 tapi mesti upacara dulu *upacara 17 an kayaknya*, pake baju item putih.. >_<

ga ada bayangan apa yang akan terjadi di hari pertama magangku, menyenangkan kah? membingungkan? menyebalkan? mengesalkan ? Aku hanya bisa berusaha meningkatkan pengetahuanku biar ga malu2in nama kampus n berdoa agar bisa melalui semuanya dengan baik..

huaa.. Himnae! Fighting! >_<


Labels:

Wanna read more?!?just click here♥=)
posted by Hasnurridha at 7:28 AM

4comments

| back to top


am i trapped?
Thursday, April 23, 2009

gw nyadar kalau di dunia ini emang udah merajalela segala tipu daya manusia.. Selama dunia ini belum kiamat dan para setan pada belum mati.. tidak mustahil kalau suatu saat kita akan berhadapan dengan manusia-manusia bermuka manis tapi memiliki maksud yang tidak baik terhadap kita... Entah ya, apakah aku tadi berhadapan dengan orang tersebut.. Aku takut kalau harus berfikiran seperti itu.. apalagi namanya kalau bukan "prasangka buruk", menduga macam-macam tanpa bukti yang konkret..

walaupun aku tidak begitu dirugikan tapi tetap saja ini menganggu pikiranku.. Akan kemampuanku mengatasi masalah.. akan kemampuanku membedakan hak dan bathil.. Akan kemampuanku dalam membedakan waspada dan prasangka... Akan kemampuanku dalam membedaka bisikan hati atau bisikan setan yang berkedok logika... Akan kemampuanku dalam bernegoisasi dan berkata tidak..


Semua berawal ketika pulang kuliah.. Setelah pulang dari mata kuliah praktek jaringan, seperti biasa aku menunggu angkot di depan gedung suriansyah.. tak lama kemudian, datanglah seorang tukang ojek yang menawarkan tumpangan.. beliau menawarkan 3000 rupiah untuk sampai ke PDAM.. karena biasanya, aku berhenti di PDAM untuk melanjutkan perjalan dengan angkot jurusan gambut..

aku pun menyetujuinya dengan pertimbangan akan sama saja kalau aku memilih untuk naik angkot yang juga bertarif 3000. Selama perjalanan, biasalah basi-basi beliau nanya kuliah dimana bla bla.. lalu setelah hampir ke PDAM, beliau nanya lagi rumahku dimana.. aq bilang saja di pal 8.. lalu beliau menawarkan lagi untuk melanjutkan perjalanan langsung saja ke rumahku.. tanpa fikir panjang aku pun menyetujuinya karena merasa ga pa pa lah keluar uang lebih mumpung ada rejeki lebih.. sekali-kali pake ojek kupikir ga masalah.. aku tanya berapa tarifnya.. beliaunya diam saja.. ya mungkin tidak dengar..

Selama perjalanan aku memikirkan tarif berapa kira-kira yang aku berikan nanti.. berdasarkan pengalaman, biasanya dikenakan tarif 25000.. pernah dari PDAM ke pal 8 ditawarin 10000.. jadi kupikir sekitar 20000an lah bakal kukasih.. ga mungkin juga aku ga lebih bayarnya secara jauh banget rumah ku...

Akhirnya sampai di rumah.. tebak berapa tarif yang beliau tawarkan? 30000!
wowww, dulu naik ojek 25000 aja udah ngerasa banyak.. oke lah.. lebih 5000 masih bisa sedikit dimaklumi.. tapi yang ga abis fikir itu beliau bilang gini..
"10000 lagi gin sagan ongkos [maaf,lupa ga gitu denger saking bingungnya] "

lagi2 tanpa fikir panjang aku kasih aja tuh 30000+10000=40000!
oke, mungkin kesannya aku keliatan bodoh kok mau2nya gitu ya tanpa tawar menawar ngasih gitu aja.. mungkin kalau orang lain udah pada ngomel2 tuh.. itulah salah satu weakpoint q.. tipikal manusia yang menghindari perdebatan... abis ngasih ongkos yang kukasih tanpa kompromi beliau ngomong "mudahan lulus, mudah perajakian".


Yah,aku ga begitu mempermasalahkan duit yang udah melayang begitu saja.. Hanya saja, aku jadi mikir apa ya hikmah dari semua ini...

mengingat paman ojek itu orangnya ramah dan menyadari betapa beratnya mencari nafkah di jaman sekarang, aku sih rela saja.. tapi tetap saja, ada satu hal yang menggelitik.. mungkin saat ini, keikhlasanku diuji.. Allah mengajarkan pelajaran penting dengan kejadian ini.. kesabaran untuk tidak berburuk sangka.. keikhlasan terhadap apa yang telah kita berikan.. belajar untuk kritis... menahan diri untuk tidak bashing..

yah, positif thinking saja lah.. terkadang apa yang kita anggap tidak biasa bagi orang malah biasa aja.. semoga dengan kejadian ini aku bisa jadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar..


Wanna read more?!?just click here♥=)
posted by Hasnurridha at 4:50 AM

7comments

| back to top


codename : high school never ends
Tuesday, March 24, 2009

akhirnya bisa ngepost lagi setelah ga bebas ngenet dikarenakan kesalahan teknis..
setelah buka blog tercinta ini,ternyata daku kena tag dari fairuz

oke bu guru.. PRna dah dikerjain.. :)


high school never ends

1. nama sekolah

SMAN 7 Banjarmasin

2. nama ketua kelas

kelas 1 …. Ariyo Mulyadi *sekarang di malang*

kelas 2…. Adi Rizkian Noor *sekarang di tekling unlam*

kelas 3…. Adi Rizkian Noor *sekarang di tekling unlam*

3. jabatan di kelas

murid kelas hehe..

4. guru paling killer

guru2 ane baek semua..hehe, kalo denger dari kaka kelas, kayakna bu murti.. kalo beliau masuk kelas, diusahakan masuk kelas mendahului beliau.. kalo gak, siap2 berhadapan dengan beliau XD tapi walo begitu, murid2nya banyak yang suka lo sama beliau.. Beliau udah pensiun semenjak aq kelas 2, n salah satu kaka kelasku ada yg ampe nangis..

5. nama kepala sekolah

Bp.Chairil Anwar lalu pas mau lulus, diganti sama bp.Faturrahman Nunci

6. nama wakil kepala sekolah

siapa ya? hehe.. rasanya ada wakasek 1 n 2.. bp zurkani sama bp.syahrani.. ya lah pa? :D

7. ketua kelas (apakah saya pernah menjadi ketua kelas?)

nope.. demi ketentraman dan keutuhan kelas.. wkwkwkw..

8. pelajaran paling tidak disukai

yang pake hapalan.. berbau2 IPS gitu deh...

9. kegiatan rutin di kelas

duduk,ngobrol ma temen,belajar di kelas sebelum ulangan di mulai,makan di kantin,pergi ke wc kalo lagi pengen buang aer,nongkrong di teras mushalla,baca tapi mata ke tv di perpus..

10. skors

ga donk,gw akan anak manis *dimuntahin pembaca*

11. hukuman

alhamdulillah, ga pernah..

12. bikin pr di kelas

pernah kyana..bareng temen pula..hehehe..

13. pengaturan tempat duduk

wktu kelas 1,duduk paling depan *ikut temen*, kelas 2 dan 3, duduk no 2 dari depan..

14. nomor absen

duh berapa ya? yg pasti belasan.. 11,12,13 gitu deh..

15. jurusan di sekolah

IPA,walaupun hasil test menunjukkan kalau aq cocok di kelas bahasa..XD. Bukannya mandang remeh kelas bahasa.. emang anenya ga minta di bahasa.. kalo masalah imej anak bahasa itu gimana2.. nyatanya, anak2 bahasa angkatanku lebih adem dibanding anak IPA.. XD *entah ya kalo vero..hehe peace ver! ^^v*

16. bolos

no.. aku cinta sekolah.. halah..XD

17. rame

di kelas rame aja.. apalagi kalo pak kosong.. ada gurunya aja rame,gimana kalo ga ada..XD

18. adik kelas yg rese’

ga peduli..X)

19. kakak kelas yang rese’

ga peduli juga.. X)

20. bawa hape ke sekolah

yap,dibolehin aja kok..

21. berantem

berantem ma diri sendiri sih iya..XD typical manusia yg mengindari pertengkaran..
X)

22. pelajaran yang paling disukai

matematika, jepang, mandarin, kimia, biologi..

23. tempat favorit di sekolah

kelas *ngobrol ma temen2*,teras mushalla *menikmati angin pengundang rasa kantuk*, perpustakaan *rebahan di depan TV*, sekitar kantin *makan gorengan atau makan pentol otong* n kadang di bawah pohon deket rujak adul..

24. kantin

goreng2an,mie rebus,nasi sop,nasi goreng,teh panas,teh es,..

25. melanggar peraturan

bawa vcd,komik,novel..X)

26. baju dikeluarkan

nope..

27. nyontek

ampir ga pernah.. *bilang aja pernah..XD*

28. nama panggilan di sekolah

ridha! da! rid! ding! ka!


29. message for the youngster

jangan pernah sekalipun permalukan nama smaven! gunakan waktu mudamu dengan sebaik-baiknya.. *sok bijaksana mode on*

30. tag

waktnya ngetag XD : ismi,ka sulae,ka nina, n siapapun yg baca ini..X)
ayo dibikin dibikin..X)
Wanna read more?!?just click here♥=)
posted by Hasnurridha at 3:57 AM

3comments

| back to top


Alhamdulillah, akhirna jalan juga
Friday, March 20, 2009

posting sebelumnya saia pernah certa kalau udah dipasang kabel internet RT/RW di rumah saia.. tapi internetnya ga langsung jalan.. Tadi pagi, orangnya nanya apakah internetnya jalan apa gak, kubilang aja ga mau connect ke internet walaupun kabelnya sudah terpasang... Setelah beliau periksa, katanya bakal ngecek kabelnya lagi coz kemungkinan ada kabel yang putus..

Waktu lagi ngenet *masih pake im2*, tau2 ngeliat tanda terhubung dari koneksi lain alias koneksi internet RT/RW itu.. disconnect im2 trus coba buka google..

dan TADA!

Alhamdulillah..

berhasil! berhasil! berhasil! horee.. *dora mode on*



abis itu coba2 pengen tau speednya berapa..
buka speedtest.net

dan inilah hasilnya


lumayan lah speednya..

udah sangat mending untuk ukuran internet indonesia..hehe..
apalagi dengan biaya 100.000 udah dapat yang unlimited itu aja udah syukur banget..

entah ya gimana speednya kalo lagi banyak yang make..

yang pasti syukuri dulu..

ini adalah kenikmatan yang diberikan Allah yang harus disyukuri dan dimanfaatkan di jalan yang benar..

Ya Allah,semoga dengan nikmat ini, hamba menjadi semakin lebih baik..

amin..
Wanna read more?!?just click here♥=)
posted by Hasnurridha at 1:24 AM

7comments

| back to top


Internet RT/RW akhirna dipasang
Thursday, March 19, 2009

Beberapa bulan yang lalu, abahku pernah cerita kalo ada salah satu warga di komplek kami yang mengusulkan untuk memasang internet RT/RW.. Internet RT/RW memungkinkan para warga suatu area permukiman/perumahan dapat mengakses internet 24 jam unlimited..
karena ini jaringan, maka sifatnya bisa patungan.. walhasil, biayanya bisa lebih murah kan..
anggap aja misalnya kita membeli layanan internet dari provider speedy yang unlimited dengan biaya 750000 sebulan.. dengan memakai jaringan, internet bisa dipakai oleh 5 komputer.. Dengan memakai layanan internet tersebut secara bersama, maka setiap pemilik komputer hanya membayar 750000:5= 150000 rupiah/bulan unlimited.. Bandingkan dengan time based 200.000/bulan untuk 50 jam.. lumayan bukan?


Alhamdulillah, baru saja kabelnya nyampe ke rumah, tinggal koneksi dari sana dan internet pun bisa diakses.. tapi masih bingung nih.. ni udah konek ke sana, cuman belum bisa akses internet.. jadi ngeposting ini masih pake im2..
moga aja cuman sementara soalnya baru aja dipasangnya..

untuk biaya, 100.000 perbulan.. sama sih dengan im2 yang sedang ku pake ini.. 100.000 unlimited /bulan.. tapi kalo im2, pas nyampe 2Gb.. koneksi dari 256 Kbps diturunin jadi 64 Kbps, kalo buat download emang dengan speed 64 kbps lelet pisan, cuman kalo pake buat browsing,chatting ato posting blog masih lumayan.. unlimited lagi.. biar lelet, ga perlu khwatir masalah biaya.. hehe..

moga aja dengan akses internet yang baru ini bisa semakin memudahkan aku dalam menggali informasi maupun mengerjakan tugas.. dan juga makin rajin posting..
hehehe..

o ya, aku pernah baca berita kalo internet Indonesia adalah yang paling buruk dan paling mahal lo.. kata dosen Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung ini mengutip data dari riset OECD (Organisation for Economic Co-Operation and Development) yang aku kutip dari SINI,
"Tarif internet di Indonesia itu 300 kali lebih mahal daripada di Jepang. Di sana, tarif layanan termurah dilepas di USD 0,13 per megabit/detik. Di tempat kita, yang paling murah Fastnet, ada di USD 15 per megabit/detik,"


yang pernah kubaca juga dari sebuah sumber bahwa Indonesia sebenarnya belum siap untuk menghadapi traffic yang akan terjadi bila banyak yang mengakses internet apabila internet dimurahkan.. kalo ga salah, Indonesia tidak memilik infrastruktur yang cukup menghadapi masalah itu..
ah,semoga saja semakin ke depan Teknologi Informasi di Indonesia semakin maju termasuk akses interner yang semakin dipermudah..
karena Internet adalah salah satu media yang sangat penting dalam perkembangan Teknologi informasi mendatang..

amin..

Wanna read more?!?just click here♥=)
posted by Hasnurridha at 1:19 AM

0comments

| back to top





Profile
My Photo
Name: Ridha
age: 22 y/o
college: Poliban(Information Technology)
work : LPSE Prov. Kalsel Biro Ekonomi
Setda Prov. Kalsel
religion: Islam
country: Indonesia
city: Banjarmasin
interest with: Computer,Chemistry,Korea n japan
Asian Fandoms:
musicians
♥super junior
♥u-kiss
♥shinee
♥ft island
♥snsd
♥kara
♥ss501
♥wonder girls
♥bigbang
♥xing
♥dbsk
♥2PM
♥Jang Ri In
♥T-Max
♥NEWS
♥YUI
♥Do As Infinity

actor/actress
♥Jang Geun Suk
♥Jung Eui chul
♥Kimbum
♥Kim So eun
♥Lee Jun Ki
♥Kim Hye Sung
♥Goo Hye sun
♥Ha Ji Won
♥Song He Gyo
♥wonbin
♥Yoon Eun Hye
♥Oguri Shin
♥Matsuyama Kenichi

Profil Facebook Ridha Hikari Kudo
Tagboard

ShoutMix chat widget

Afflicates
you dont have to do right-click to open the link on new tab. Just one click, and new tab will be opened..:)

Plurk.com

my sites
my friendster
my livejournal
my wordpress
my multiply

my friend's links
a tin
ditahongki
fairuz
fei
ismi
ka Fauzan
Ka Nina
ka Sulae
mint | blger(off)
| LJ(on)
mitha
o-om
siszy
techan omma
wahyu

will be added soon, if u want ur site/blog be linked here, let me know :D


FoRumS
My Qur'an
Soompi
Forum Lautan Indonesia
SuperJunior Indonesia
ANAK GARAZ Community
SHINEE Indonesia
SHINEE International
U-Kiss Indonesia
U-Kiss International
FT Island Indonesia

DownLoad Sites
BWW2
Z-Degrees
ledoquyen's blog(yahoo)
ledoquyen's blog(wp)
4shared
japanesemusicdream
Youtube
Goggling :)
Memories
Arsipku
February 2009
March 2009
April 2009
August 2009
March 2010
April 2010


Posting Baru
'The Power of Guilty'
Hujan yang tak kunjung reda (1)
the tea is comeback
am i trapped?
codename : high school never ends
Alhamdulillah, akhirna jalan juga
Internet RT/RW akhirna dipasang
Foto Aya Asli (one litre Of tears)
[updated MV n Comeback stage]Super Junior has rele...
New Layout ♥

Credits
Designer: x
Materials: various jap site
Color codes: x
Fonts: x
Image: x